PENGARUH MODERNISASI ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA MALANG

Arruuman Nurfanani, Tubandrijah Herawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui modernisasi perpajakan yang meliputi  struktur organisasi, business process dan teknologi informasi serta komunikasi, manajemen sumber daya manusia dan pelaksanaan good governance berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Malang. 2) Untuk mengetahui modernisasi perpajakan yang meliputi  struktur organisasi, business process dan teknologi informasi serta komunikasi, manajemen sumber daya manusia dan pelaksanaan good governance berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Malang. 3) Untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Malang.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, yaitu variabel-variabel yang diamati dapat diidentifikasikan dan hubungan antar variabel dapat diukur. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda.

Hasil analisis dapat diketahui bahwa modernisasi perpajakan yang meliputi struktur organisasi, business process dan teknologi informasi serta komunikasi, manajemen sumber daya manusia dan pelaksanaan good governance berpengaruh secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Malang. Besarnya  nilai Adj. R. Square (R2) yaitu sebesar 0,607, dengan demikian berarti bahwa model regresi yang digunakan mampu menjelaskan pengaruh variabel struktur organisasi, business process dan teknologi informasi serta komunikasi, manajemen sumber daya manusia, pelaksanaan good governance terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Malang sebesar 60,7%, sedangkan sisanya sebesar 39,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Modernisasi perpajakan yang meliputi  struktur organisasi, business process dan teknologi informasi serta komunikasi, manajemen sumber daya manusia dan pelaksanaan good governance berpengaruh secara parsial terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Malang. Berdasarkan hasil koefisien regresi masing-masing variabel pelaksanaan good governance mempunyai pengaruh dominan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Malang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.