ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL PERIODE 2010-2012 (Studi Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.)

Dina Ayu Fitriana, Sumi ati

Abstract


Perkembangan di dunia perbankan yang sangat pesat serta tingkat kompleksitas yang tinggi dapat berpengaruh terhadap performa suatu bank. Kompleksitas usaha perbankan yang tinggi dapat meningkatkan resiko yang dihadapi oleh bank-bank yang ada di Indonesia. Bank adalah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa bank lainnya. Oleh karena itu, penting bagi bank untuk menjaga kepercayaan masyarakat sebab kegiatan usahanya mengendalikan kepercayaan masyarakat.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kesehatan PT. Bank Rakyat Indonesia periode 2010-2012 dengan menggunakan metode CAMEL yang meliputi faktor pemodalan (capital), kualitas aktiva (asset quality), manajemen (management), rentabilitas (earning), dan likuiditas (liquidity).

Berdasarkan hasil analisis terhadap tingkat kesehatan Bank dengan menggunakan rasio CAMEL periode 2010-2012 keseluruhan dapat dikatakan bahwa secara umum kinerja dan kesehatan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam kondisi cukup sehat.

Kata Kunci  : Kinerja keuangan bank, CAMEL (capital, asset quality, management, earning, liquidity)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.