“FAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN DALAM LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN” (Studi Pada Perusahaan PROPER yang Terdaftar Di BEI 2010)

Elok Harmatil Ummami, Iwan Triyuwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, likuiditas, profitabilitas, porsi saham publik, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan. Data sukunder  diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Jakarta selama periode 2010. Hasil uji statistik menggunakan model regresi berganda untuk menjawab pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel leverage dan variabel likuiditas bepengaruh signifikan terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan.. Disisi lain, penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, porsi saham publik dan umur perusahaan tidak menemukan adanya pengaruh signifikan terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan. Yang terahir adalah variabel likuiditas yang memiliki pengaruh dominan terhadap pengungkapan akuntansi lingkungan dalam laporan tahunan perusahaan.

Kata Kunci: pengungkapan, akuntansi lingkungan, laporan tahunan, leverage, likuiditas, profitabilitas, porsi saham publik, umur perusahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.