Analisa Penerapan Good Corporate Governance Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Rian Ikmal Darmawan

Abstract


Penerapan good corporate governance telah menjadi isu sentral dalam mendukung pemulihan serta pertumbuhan perekonomian. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan  ekonomi global, perusahaan dituntut  untuk dapat mengimbanginya. Maka diperlukan adanya sistem pengelolaan serta pengendalian manajerial yang tepat pada  perusahaan. Dengan  adanya tata  kelola  perusahaan yang baik (good corporate governance) diharapakan dapat memberikan kontribusi positif baik pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana penerapan  prinsip Good Corporate Governance pada  PT  Bank Negara Indonesia (Persero)  Tbk. Selain bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip good corporate governance yang telah diterapkan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan good corporate governance pada  PT  Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan prinsip-prinsip good corporate governance yang meliputi tranparansi, kemandirian, pertanggungjawaban, akuntabilitas dan kewajaran pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dilaksanakan dengan cukup baik meskipun masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi. Adapun kendala-kendala yang dihadapi PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk yaitu kendala Pengetatan kredit perbankan, Produktivitas produk bank yang belum sepenuhnya efisien & efektif, Standar SDM yang tinggi akibat dari era globalisasi dan masalah kasus penyimpangan internal (internal fraud).

Adapun saran yang diberikan peneliti adalah : 1. Mengantisipasi kebijakan baru oleh Pemerintah dan Bank Indonesia. 2. Menaruh perhatian yang besar pada pengembangan pangsa pasar, dengan terus menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham serta stakeholder lainnya. 3. Program-program pelatihan SDM yang efektif dan kompeten perlu disusun sesuai dengan kebutuhan pengembangan karyawan. 4. Meningkatkan Program-program corporate  social  responsibility.

 

Kata kunci: good corporate governance, BNI, keterbukaan, akuntabilitas, tanggungjawab, independensi, kewajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.