Pengaruh Faktor-faktor dalam Goal Efficacy pada Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi akademik
mahasiswa dengan menggunakan model Goal Efficacy. Penelitian menggunakan metode survei
dalam pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Sebanyak 270 kuesioner dapat dianalisis
menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk kemampuan konsep diri
atas akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan diri dalam perkuliahan,
orientasi hasil, dan regulasi diri atas strategi belajar. Konstruk keberhasilan diri dalam perkuliahan
berpengaruh signifikan terhadap orientasi hasil, dan regulasi diri atas strategi belajar. Konstruk
orientasi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap regulasi diri atas strategi belajar.
Sedangkan konstruk regulasi diri atas strategi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi akademik.
Kata Kunci: Goal Efficacy, prestasi akademik, kemampuan konsep diri atas akademik,
keberhasilan diri dalam perkuliahan, orientasi hasil, regulasi diri atas strategi
belajar.
mahasiswa dengan menggunakan model Goal Efficacy. Penelitian menggunakan metode survei
dalam pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Sebanyak 270 kuesioner dapat dianalisis
menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruk kemampuan konsep diri
atas akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan diri dalam perkuliahan,
orientasi hasil, dan regulasi diri atas strategi belajar. Konstruk keberhasilan diri dalam perkuliahan
berpengaruh signifikan terhadap orientasi hasil, dan regulasi diri atas strategi belajar. Konstruk
orientasi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap regulasi diri atas strategi belajar.
Sedangkan konstruk regulasi diri atas strategi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi akademik.
Kata Kunci: Goal Efficacy, prestasi akademik, kemampuan konsep diri atas akademik,
keberhasilan diri dalam perkuliahan, orientasi hasil, regulasi diri atas strategi
belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.