ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. PEGADAIAN KANTOR CABANG SIDOARJO

Adhitya Rahman Taufik Putra, Abidin Lating

Abstract


Progres kemajuan pegadaian tidak terlepas dari upaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusianya. Disadari atau tidak bahwa sebagai pengelola perusahaan, karyawan menjadi pilar utama peningkatan perkembangan perusahaan termasuk pegadaian. Ukuran yang biasa digunakan dalam memonitor performa karyawan adalah produktifitas kerja karyawan. Dengan melihat produktifitas kerja karyawan maka akan dapat dilihat sejauhmana karyawan memberikan kontribusinya terhadap perusahaan. Semakin tinggi tingkat produktivitas kerja karyawan, maka semakin besar pula kontribusi mereka terhadap kemajuan perusahaan.

Ukuran produktivitas kerja karyawan yang biasa digunakan dalam memberikan penilaian karyawan terdiri dari, Kuantitas yaitu hasil yang dicapai dalam melaksanakan tugas. Indikator ketiga adalah kualitas. Kualitas dimana dimensi kualitas ini menunjukkan sebaerapa berkualitas suatu tugas dapat diselesaikan dilihat dari aspek ketrampilan, ketelitian dan kebersihan. Ukuran lainnya adalah ketepatan Waktu yaitu meliputi absensi atau tingkat kemangkiran karyawan dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Beberapa ukuran kualitatif tersebut dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui sebarapa baik seoerang karyawan tersebut bekerja, terlebih bahwa pegadaian adalah berupa jasa pembiayaan, tentunya kualitas pelayanan menjadi hal yang pokok sebagai ukuran awal keberhasilan usaha. Semakin puas nasabah, maka diharapkan dapat menularkan kepada nasabah potensial lain untuk menggunakan jasa pegadaian sebagai sumber pembiayaannya. Demikian pula sebailiknya, jika nasabah tidak puas, maka akan berdampak pada penurunan jumlah nasabah.

Analisis yang dilakukan adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menjawab rumusan masalah dan mengetahui pengaruh variabel-variabel yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini yaitu variabel tingkat pendidikan dan pengalaman kerja berpengaruh kepada produktivitas tenaga kerja dengan hubungan positif.

kata kunci: produktivitas tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, tingkat gaji.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.