PENGUMUMAN STOCK SPLIT TERHADAP TRADING VOLUME ACTIVITY DAN ABNORMAL RETURN ( STUDI PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTI YANG LISTING DI BEI)

Ferina Rusteliana, Harlen dro

Abstract


Stock split merupakan suatu aksi emiten dimana dilakukan pemecahan nilai nominal saham menjadi nilai nominal yang lebih kecil. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat reaksi pasar yang signifikan pada harga saham, abnormal return, dan trading volume activity antara periode seputar peristiwa stock split yaitu pada periode sebelum, saat, setelah stock split pada perusahaan real estate tahun 2010-2012.

Penelitian ini merupakan suatu penelitian yang masuk ke dalam jenis penelitian event study. Event study adalah penelitian yang mempelajari reaksi pasar terhadap suatu peristiwa (event) yang informasinya dipublikasikan sebagai pengumuman. Reaksi pasar ini dapat dilihat dari harga saham dan trading volume activity

Penelitian ini menggunakan sample sebanyak 5 perusahaan real estate yang melakukan kebijakan stock split pada tahun 2010-2012. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan harus memenuhi kriteria-kriteria yang ditentukan. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji beda yaitu uji two tail test pada variabel harga saham, abnormal return dan trading volume activity

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara mayoritas pasar tidak merespon adanya stock split, hal ini ditunjukkan oleh tidak adanya perbedaan yang signifikan pada harga saham, sedangkan pada abnormal return dan trading volume activity stock split memberikan reaksi.

 

Kata Kunci : Pengumuman, stock split, harga saham, abnormal return, dan trading volume activity


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.