“PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU, KARAKTERISTIK USAHA, KARAKTERISTIK KREDIT TERHADAP KEMAMPUAN DEBITUR MEMBAYAR KREDIT PADA BPR JATIM CABANG PROBOLINGGO” (Studi Pada Nasabah UMKM Kota Probolinggo)

Dwi Yanti Arinta, Djuma hir

Abstract


Kemampuan membayar kredit merupakan salah satu indikator kinerja kualitas suatu portofolio dari suatu lembaga keuangan termasuk lembaga keuangan bank. Kemampuan membayar kredit seorang debitur kepada suatu lembaga keuangan tidak selalu berjalan lancar bahkan sering seorang debitur tidak mampu membayar kredit secara lancar / tepat waktu sampai terjadi kredit macet. Hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja keuangan bank khususnya dari tingkat profitabiltas bank. Berdasarkan penjelasan diatas, masalah yang ingin diteliti adalah pengaruh jumlah tanggungan keluarga, tingkat pendidikan, omzet usaha, pengalaman usaha, jumlah pinjaman (plafond), jangka waktu pengembalian pada BPR Jatim Cabang Probolinggo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik individu, karakteristik usaha, karakteristik kredit terhadap kemampuan debitur dalam membayar kredit pada BPR Jatim Cabang Probolinggo. Jumlah populasi yang diteliti sebanyak 251 orang yang terdiri dari 5 Kecamatan di Kota Probolinggo diantaranya Kecamatan Mayangan, Kecamatan Kanigaran, Kecamatan Wonoasih, Kecamatan Kodepok dan Kecamatan Kademangan. Dari jumlah populasi tersebut, didapatkan sampel sebanyak 72 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling yaitu sampling area dan menggunakan metode Slovin. Alat analisis yang digunakan yaitu metode regresi logistic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik usaha yaitu variabel pengalaman usaha dan omzet usaha berpengaruh terhadap kemampuan debitur dalam membayar kredit sedangkan karakteristik individu yaitu variabel jumlah tanggungan keluarga, tingkat pendidikan, jangka waktu pengembalian, dan jumlah pinjaman (plafond) tidak berpengaruh terhadap kemampuan debitur dalam membayar kredit.

Kata Kunci : Karakteristik Individu, Karakteristik Usaha, Karakteristik   Kredit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.