PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Didik Prasetyo, Unti Ludigdo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap
prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode survei yang menggunakan data primer yang
diperoleh dari kuesioner. Populasi digunakan adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya.
Dengan jumlah sampel adalah 286 mahasiswa. Pengukuran kecerdasan emosional terdiri dari aspek
pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan ketrampilan sosial. pengukuran perilaku belajar
terdiri dari aspek kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan,
dan kebiasaan menghadapi ujian. Sedangkan prestasi akademik diukur dengan IPK. Dengan analisis
regresi berganda, diperoleh hasil baik dari uji parsial maupun uji simultan bahwa kecerdasan emosional
dan perilaku belajar berpengaruh terhadap prestasi akademik.
Kata kunci: perilaku belajar, Kecerdasan emosional, Mahasiswa akuntansi, Prestasi akademik.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.