ANALISIS KETENAGAKERJAAN YANG BERKAITAN DENGAN GAJI, KOMPENSASI, LINGKUNGAN KERJA DAN MASA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI PT. KERETA API INDONESIA DAERAH OPERASI 8 SURABAYA)

Irma Ginata Sukatendel

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh gaji, kompensasi, lingkungan kerja dan masa kerja serta mengetahui variabel apa yang paling dominan berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan.  Variabel independent dalam penelitian ini adalah Gaji (X1), Kompensasi (X2), Lingkungan Kerja (X3), dan Masa Kerja (X4). Sedangkan variabel dependentnya adalah produktivitas kerja karyawan (Y).

Penelitian ini merupakan penelitian mengambil 96 orang sebagai responden dari jumlah populasi sebesar 2.556 karyawan di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya. Untuk analisis data yang digunakan analisis uji statistik Chi Square (X²) dengan menggunakan α = 0,05 menggunakan program komputer SPSS.

Hasil dari uji statistik Chi Square (X²) tersebut menunjukkan adanya hubungan antara gaji, kompensasi, lingkungan kerja dan masa kerja terhadap produktivitas kerja karyawan. Variabel gaji (X1) berpengaruh positif terhadap produktivitas, yang ditunjukkan oleh nilai Asymp. Sig (2-sided) Pearson Chi-Square < 5%  (0,000 < 0,05). Variabel kompensasi (X2) juga berpengaruh positif terhadap produktivitas yaitu dengan nilai Asymp. Sig (2-sided) Pearson Chi-Square < 5%  (0,000 < 0,05). Variabel lingkungan kerja (X3) berpengaruh positif juga terhadap produktivitas, yang ditunjukkan oleh nilai Asymp. Sig (2-sided) Pearson Chi-Square < 5%  (0,002 < 0,05). Dan variabel masa kerja (X4) berpengaruh positif terhadap produktivitas dengan nilai Asymp. Sig (2-sided) Pearson Chi-Square < 5%  (0,000 < 0,05). Variabel lingkungan kerja (X3) merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas kerja karyawan yaitu dengan nilai Asymp. Sig (2-sided) Pearson Chi-Square < 5%  (0,002 < 0,05).

Kata Kunci: Produktivitas Kerja Karyawan, Gaji, Kompensasi, Lingkungan Kerja, Masa Kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.