Pengaruh Kepribadian Proaktif terhadap Kinerja Belajar pada Mahasiswa Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening

Frida Oktavita

Abstract


Penelitian terdahulu masih belum banyak membahas tentang kepribadian proaktif dan dampaknya terhadap peningkatan kinerja belajar melalui motivasi belajar. Penelitian ini mencoba menghubungkan antara kepribadian proaktif dengan kinerja belajar melalui motivasi secara langsung dan tidak langsung dengan mensurvei 270 mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa kepribadian proaktif berpengaruh positif secara langsung terhadap motivasi belajar, karena mahasiswa dengan kepribadian proaktif mampu mendorong usahanya dalam belajar dan dengan gigih memotivasi dirinya untuk belajar dan kepribadian proaktif memiliki pengaruh secara negatif terhadap kinerja belajar, hal ini dikarenakan tidak adanya motivasi mahasiswa untuk belajar lebih giat. Sedangkan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kinerja belajar, karena mahasiswa yang memiliki motivasi belajar akan mendorong keinginannya untuk belajar sehingga dapat meningkatkan kinerja belajar. Kemudian, kepribadian proaktif berpengaruh negatif secara tidak langsung terhadap kinerja belajar karena kurang tingginya motivasi belajar yang dimiliki oleh mahasiswa. Oleh karena itu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian proaktif dan faktor-faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar agar dapat memaksimalkan kinerja belajar mahasiswa.

Kata kunci: Kepribadian proaktif, Kinerja belajar, Motivasi belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.