PENGARUH PERSEPSI RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT KOTA CIREBON DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Pentingnya loyalitas nasabah untuk Bank Mumalaat di kota Cirebon baik
itu secara materi ataupun untuk kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini dilakukan di
kota Cirebon karena mayoritas masyarakat kota Cirebon yang beragama Islam berjumlah
330.484 dari jumlah penduduk kota Cirebon yang berjumlah 359.516 jiwa. Selain itu faktor
sejarah menjadikan kota Cirebon menjadi daerah yang kental dengan suasana Islam, karena
Cirebon pada dahulu kala, tumbuh menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa Barat.
Alasan pengambilan Bank Muamalat sebagai objek penelitian dikarenakan Bank
Muamalat sering melakukan kerja sama dengan Majelis Ulama Indoneseia (MUI, Bank
Muamalat merupakan bank murni syariah pertama yang hadir di Indonesia dengan
diprakasai oleh Majelis Ulama Indonesia, dan Bank Muamalat tergolong bank Islam yang
cepat perkembangannya, hal ini dapat terlihat dari banyaknya berbagai fasilitas dan kantor
Bank Muamalat yang ada di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepuasan konsumen
dalam memediasi hubungan antara persepsi religiusitas dan loyalitas konsumen.
Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat kota Cirebon. Sampel
diambil dengan teknik conveniece sampling yaitu didasarkan pada kemudahan. Pengolahan
serta pengujian data menggunakan software Statistical Product and Service Solution versi
20.
Dari hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa secara simultan persepsi
religiusitas dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Secara parsial persepsi religiusitas berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan
nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dikarenakan tidak adanya pengaruh yang
terjadi antara persepsi religiusitas terhadap kepuasan nasabah, sehingga peran kepuasan
nasabah tidak memediasi hubungan antara persepsi religiusitas dengan loyalitas nasabah.
Kata Kunci : Persepsi Religiusitas, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah, Bank Muamalat..
itu secara materi ataupun untuk kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini dilakukan di
kota Cirebon karena mayoritas masyarakat kota Cirebon yang beragama Islam berjumlah
330.484 dari jumlah penduduk kota Cirebon yang berjumlah 359.516 jiwa. Selain itu faktor
sejarah menjadikan kota Cirebon menjadi daerah yang kental dengan suasana Islam, karena
Cirebon pada dahulu kala, tumbuh menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa Barat.
Alasan pengambilan Bank Muamalat sebagai objek penelitian dikarenakan Bank
Muamalat sering melakukan kerja sama dengan Majelis Ulama Indoneseia (MUI, Bank
Muamalat merupakan bank murni syariah pertama yang hadir di Indonesia dengan
diprakasai oleh Majelis Ulama Indonesia, dan Bank Muamalat tergolong bank Islam yang
cepat perkembangannya, hal ini dapat terlihat dari banyaknya berbagai fasilitas dan kantor
Bank Muamalat yang ada di Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran kepuasan konsumen
dalam memediasi hubungan antara persepsi religiusitas dan loyalitas konsumen.
Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat kota Cirebon. Sampel
diambil dengan teknik conveniece sampling yaitu didasarkan pada kemudahan. Pengolahan
serta pengujian data menggunakan software Statistical Product and Service Solution versi
20.
Dari hasil analisis regresi berganda diketahui bahwa secara simultan persepsi
religiusitas dan kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.
Secara parsial persepsi religiusitas berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dan kepuasan
nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Dikarenakan tidak adanya pengaruh yang
terjadi antara persepsi religiusitas terhadap kepuasan nasabah, sehingga peran kepuasan
nasabah tidak memediasi hubungan antara persepsi religiusitas dengan loyalitas nasabah.
Kata Kunci : Persepsi Religiusitas, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah, Bank Muamalat..
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.