DETERMINAN PERSEPSI ETIKA MAHASISWA AKUNTANSI DENGAN LOVE OF MONEY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari variabel gender,
usia, dan tingkat pendidikan terhadap variabel love of money dan persepsi etis.
Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada hubungan
antara tingkat love of money dengan persepsi etis pada mahasiswa akuntansi.
Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode
pengumpulan data yang disebut purposive sampling. Populasi dari penelitian
ini adalah mahasiswa S1 dan S2 Akuntansi Universitas Brawijaya, yang telah
menempuh mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi. Jumlah sampel yang
digunakan yaitu sebanyak 88 responden. Penelitian ini memakai analisis jalur
sebagai metode untuk pengujian dan menyimpulkan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gender, usia,
dan tingkat pendidikan terhadap love of money mahasiswa akuntansi dan
persepsi etis mereka. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Gender berpengaruh
terhadap love of money mahasiswa akuntansi, (2) Usia berpengaruh terhadap
love of money mahasiswa akuntansi, (3) Tingkat pendidikan berpengaruh
terhadap tingkat love of money mahsiswa akuntansi, (4) Gender berpengaruh
persepsi etis mahasiswa akuntansi, (5) Usia berpengaruh terhadap persepsi
etis mahasiswa akuntansi. (6) Tingkat pendidikan mahasiswa berpengaruh
terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan arah yang positif. (7) Love
of money memiliki pengaruh yang terhadap persepsi etis mahasiswa
akuntansi.
Keyword : Gender, Usia, Tingkat pendidikan, Love of money, Persepsi etis,
Mahasiswa Akuntansi
usia, dan tingkat pendidikan terhadap variabel love of money dan persepsi etis.
Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada hubungan
antara tingkat love of money dengan persepsi etis pada mahasiswa akuntansi.
Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode
pengumpulan data yang disebut purposive sampling. Populasi dari penelitian
ini adalah mahasiswa S1 dan S2 Akuntansi Universitas Brawijaya, yang telah
menempuh mata kuliah Etika Bisnis dan Profesi. Jumlah sampel yang
digunakan yaitu sebanyak 88 responden. Penelitian ini memakai analisis jalur
sebagai metode untuk pengujian dan menyimpulkan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gender, usia,
dan tingkat pendidikan terhadap love of money mahasiswa akuntansi dan
persepsi etis mereka. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Gender berpengaruh
terhadap love of money mahasiswa akuntansi, (2) Usia berpengaruh terhadap
love of money mahasiswa akuntansi, (3) Tingkat pendidikan berpengaruh
terhadap tingkat love of money mahsiswa akuntansi, (4) Gender berpengaruh
persepsi etis mahasiswa akuntansi, (5) Usia berpengaruh terhadap persepsi
etis mahasiswa akuntansi. (6) Tingkat pendidikan mahasiswa berpengaruh
terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi dengan arah yang positif. (7) Love
of money memiliki pengaruh yang terhadap persepsi etis mahasiswa
akuntansi.
Keyword : Gender, Usia, Tingkat pendidikan, Love of money, Persepsi etis,
Mahasiswa Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.