PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PERPAJAKAN, DAN PELAKSANAAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BATU

I Gede Putu Pranadata, Rosi di

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan perpajakan, dan sanksi pajak terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orng Pribadi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan perpajakan, dan pelaksanaan sanksi pajak sedangkan variabel dependen adalah kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuisioner. Kuisioner yang disebar sebanyak 100 buah kepada wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu dan kuisioner yang dioleh sebanyak 93 buah. Sampel penelitian diambil dengan metode  convenience  sampling.  Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, sedangkan kualitas pelayanan perpajakan dan pelaksanaan sanksi pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu.

Kata kunci:  Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Perpajakan, Pelaksanaan Sanksi Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.