PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPOARATE SOCIAL RESPONSIBILITY Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Pada Tahun 2010-2012

Rani Widiyasari Eko Putri, Zaki Baridwan

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Rasio profitabilitas diproksikan melalui ROA, ROE, dan NPM. Penelitian ini dilakukan dengan menguji pengaruh profitabilitas sebagai variabel independen terhadap pengungkapan CSR sebagai variabel dependen.

Sampel penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI pada periode 2010-2012. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 63 perusahaan pertambangan yang telah memenuhi kriteria sampel. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode regresi berganda.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh antara profitabilitas melalui ROA, ROE, dan NPM terhadap pengungkapan CSR. ROA dan NPM berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, sementara ROE berpengaruh negatif terhadap pengungkapan CSR.

 

Kata kunci : Profitabilitas, ROA, ROE, NPM, Pengungkapan Corporate  Social Responsibility


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.