Determinan Minat Penggunaan Mobile Commerce Pada Pengguna Smartphone Merek X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi minat
pengguna smartphone merek X dalam menggunakan layanan m-commerce. Penelitian ini merupakan replikasi dan pengembangan model Technology Acceptance Model (TAM) dari penelitian sebelumnya oleh Wei et al. (2009). Penelitian ini menggunakan metode survei dalam pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang merupakan pengguna smartphone merek X dan pernah menggunakan layanan m-commerce. Sebanyak 134 data dapat dianalisis menggunakan SmartPLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap minat menggunakan m-commerce. Sebaliknya kepercayaan dan persepsi biaya tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan m-commerce. Hal ini berarti bahwa minat individu pengguna smartphone merek X dalam menggunakan m-commerce dipengaruhi oleh konstruk persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengaruh sosial. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi perancang, analis sistem informasi maupun penyedia aplikasi m-commerce agar lebih memperhatikan faktor persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengaruh sosial dalam merancang dan mengembangkan sistem transaksi m-commerce pada smartphone merek X.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), minat, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kepercayaan, persepsi biaya, m-commerce
pengguna smartphone merek X dalam menggunakan layanan m-commerce. Penelitian ini merupakan replikasi dan pengembangan model Technology Acceptance Model (TAM) dari penelitian sebelumnya oleh Wei et al. (2009). Penelitian ini menggunakan metode survei dalam pengambilan data. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang merupakan pengguna smartphone merek X dan pernah menggunakan layanan m-commerce. Sebanyak 134 data dapat dianalisis menggunakan SmartPLS (Partial Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap minat menggunakan m-commerce. Sebaliknya kepercayaan dan persepsi biaya tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan m-commerce. Hal ini berarti bahwa minat individu pengguna smartphone merek X dalam menggunakan m-commerce dipengaruhi oleh konstruk persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengaruh sosial. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi perancang, analis sistem informasi maupun penyedia aplikasi m-commerce agar lebih memperhatikan faktor persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan pengaruh sosial dalam merancang dan mengembangkan sistem transaksi m-commerce pada smartphone merek X.
Kata Kunci: Technology Acceptance Model (TAM), minat, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kepercayaan, persepsi biaya, m-commerce
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.