ANALISIS PENGARUH TIMBAL BALIK EKSPOR, IMPOR, DENGAN PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA TAHUN 1982 – 2012

Barianto Nurasri Sudarmawan, Muna war

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah melihat hubungan antara ekspor dengan pertumbuhan (export led growth hypothesis) dan menguji hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan impor (growth led import hypothesis). Objek penelitian ini adalah Indonesia dengan variabel ekspor, impor dan GDP selama rentang waktu 1982 – 2012. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji unit root dengan uji Augment – Dickey Fuller (ADF) untuk melihat stasionaritas data. Uji kointegrasi dengan uji Johansen untuk melihat hubungan jangka panjang. Terakhir, penelitian ini Uji kausalitas Granger untuk melihat arah hubungan variabel.

 

Hasil dari penlitian ini menunjukkan bahwa data ekspor, impor dengan GDP stasioner pada derajat first difference. Hasil uji kointegrasi menyatakan bahwa nilai trace statistic lebih besar daripada critical value-nya (26.65910 > 15.49471) artinya terdapat hubungan jangka panjang antara variabel ekspor dengan GDP. Begitu juga dengan impor dengan GDP ditunjukkan dengan nilai trace statistic lebih besar daripada critical value-nya  (26.53685 > 15.49471) artinya impor dengan GDP juga memiliki hubungan jangka panjang. Hasil uji kaualitas granger menunjukkan bahwa hanya terdapat satu arah dari GDP ke ekspor. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F statistik sebesar 17.2365. Pada sisi impor, hubungan antara impor dengan GDP hanya memiliki hubungan satu arah saja yaitu dari GDP ke impor. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F statistik sebesar 19.4476. Berdasarkan hasil uji kausalitas granger penelitian ini mendukung growth led export hypothesis dan growth led import hypothesis.

 

Kata kunci: ekspor, impor, GDP, Augment Dickey Fuller (ADF) – uji unit root, Johansen – uji kointegrasi, uji kausalitas Granger, Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.