Pengaruh Sikap, Kontrol Perilaku Persepsian, Pengalaman dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Internet Banking

Nurul Azmi Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan layanan  internet banking  dengan menggunakan model  The Theory Planned Behavior  (TPB) yang diajukan oleh Ajzen (1991)  sebagai model pengembangan dari Arini (2010) dan Kesharwani dan Bisht (2011). Penelitian  ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang  dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 215 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang minimal pernah melakukan transaksi melalui  internet banking.  Peneliti menggunakan  software  Smart PLS versi 2.0 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan  berpengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Sebaliknya, pengalaman tidak memiliki pengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan  internet banking  dipengaruhi oleh  sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan.  Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu sektor bisnis  online  untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan  internet banking.  Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek  psikologi  juga berperan dalam pengaplikasian dan perkembangan sistem teknologi informasi.

Kata Kunci :  Theory of Planned  Behavior   (TPB),  Sikap, Kontrol Perilaku
Persepsian, Pengalaman, Kepercayaan, Minat dan Internet Banking


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.