Pengaruh Sikap, Kontrol Perilaku Persepsian, Pengalaman dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Internet Banking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan layanan internet banking dengan menggunakan model The Theory Planned Behavior (TPB) yang diajukan oleh Ajzen (1991) sebagai model pengembangan dari Arini (2010) dan Kesharwani dan Bisht (2011). Penelitian ini dilakukan di Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini memperoleh respon sebanyak 215 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang minimal pernah melakukan transaksi melalui internet banking. Peneliti menggunakan software Smart PLS versi 2.0 untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Sebaliknya, pengalaman tidak memiliki pengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan internet banking dipengaruhi oleh sikap, kontrol perilaku persepsian, dan kepercayaan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu sektor bisnis online untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan internet banking. Selain itu, berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa aspek psikologi juga berperan dalam pengaplikasian dan perkembangan sistem teknologi informasi.
Kata Kunci : Theory of Planned Behavior (TPB), Sikap, Kontrol Perilaku
Persepsian, Pengalaman, Kepercayaan, Minat dan Internet Banking
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.