PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PERUSAHAAN ROKOK SIGARET KRETEK PT.KARYA NIAGA BERSAMA MALANG

Riza Amirulhakim, Noermi jati

Abstract


Lingkungan  kerja  adalah  segala  sesuatu  yang  ada  disekeliling  karyawan
yang mampu mempengaruhi karyawan dalam menjalankan tugasnya. Lingkungan kerja  sangat  pentingkarena  berkaitan  erat  dengan  tinggi  rendahnya  kinerja karyawan,  apabila  lingkungan  kerja  baik  maka  hal  tersebut  dapat  memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja karyawan, begitu pula sebaliknya.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  pengaruh  secara  simultan  dan parsial  antara  variabel  lingkungan  kerja  dengan  variabel  kinerja  karyawan  PT Karya  Niaga  Bersama.  Lingkungan  kerja  yang  mendukung  dapat  memberikan dampak positif bagi kinerja karyawan, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.
Pengujian  hipotesis  dilakukan  dengan  menyebar  kuisioner  sebanyak  92
orang  karyawan  PT  Karya  Niaga  Bersama.  Analisis  yang  digunakan  yaitu  uji validitas,  uji  reliabilitas,  dan  uji  asumsi  klasik.  Uji  hipotesis  yang  digunakan adalah  uji  F  serta  uji  t.  Untuk  menganalisis  data,  digunakan  uji  regresi  linier berganda  dan  uji  asumsi  klasik  yaitu  uji  multikolinearitas,  dan  uji heteroskedastisitas.
Dari hasil uji  regresi berganda, uji F, dan uji  t dapat dibuktikan  terdapat
pengaruh  yang  signifikan  secara  simultan  antara  pelayanan  karyawan,  kondisi kerja  dan  hubungan  karyawan  terhadap  kinerja  karyawan.  Pengaruh  tersebut ditunjukan dengan hipotesis model  regresi  secara  simultan dari hasil Fhitung  lebih besar  daripada  FTabel  (48,617>2,479).  Sedangkan  dalam  analisis  secara  parsial menunjukkan bahwapelayanan karyawan, kondisi kerja dan hubungan karyawan berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  kinerja  karyawan  yang  ditunjukkan melalui  perbandingan  didapatkan  bahwa  t  hitung>t  tabel.  Variabel  pelayanan karyawanmemiliki  koefisien  regresi  sebesar  0,425.dan  uji  t  sebesar  5,297. Nilai statistik  uji  t  tersebut  lebih  besar  daritTabel(5,297>1,980),  sehingga  pelayanan karyawan berpengaruh  signifikan  terhadap kinerja. Pelayanan karyawan  terbukti berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan dengan Standardized Coeficients Betasebesar 0,425.

Kata kunci  : Pelayanan karyawan, kondisi kerja, hubungan kerja dan kinerja
karyawan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.