THE EFFECT OF INTELLECTUAL CAPITAL TO THE PERFORMANCE OF EMPLOYEES ON ISLAMIC MICROFINANCE INSTITUTIONS (Case Study on Koperasi Primer Tursina and KSU Al-Hambra in Surabaya)

Karina Endhy Puspita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal intelektual terhadap kinerja karyawan lembaga keuangan mikro syariah. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada seluruh karyawan yang bekerja di Koperasi Primer Tursina dan KSU Al-Hambra. Sampel yang digunakan sebanyak 69 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SmartPLS.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa modal intelektual yang terdiri atas modal manusia (X1), modal struktural (X2), dan modal pelanggan (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) lembaga keuangan mikro syariah. Besarnya kontribusi variabel modal manusia (X1), modal struktural (X2), dan modal pelanggan (X3) terhadap kinerja karyawan (Y) adalah sebesar 78,4%, sedangkan sisanya sebesar 21,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan kepada para pelaku dalam lembaga keuangan mikro syariah agar lebih memperhatikan dan mengembangkan modal intelektual yang dimiliki, sehingga kinerja karyawan semakin meningkat sehingga lembaga keuangan mikro syariah mengalami kemajuan yang pesat dan mampu bersaing secara sehat dengan lembaga keuangan lainnya.

Kata kunci:      modal intelektual, modal manusia, modal struktural, modal pelanggan, kinerja karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.