DETERMINAN TINDAKAN INDIVIDU DALAM PENGGUNAAN PEMBELIAN SECARA ONLINE
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan penggunaan pembelian secara online dengan menggunakan model Theory of Reasoned Action (TRA) dan Technology Acceptance Model (TAM). Variabel yang digunakan adalah persepsi kemudahaan penggunaan, persepsi kegunaan, kepercayaan pada toko online, pengaruh teman sebaya, sikap, minat dan tindakan penggunaan pembelian secara online. Penelitan ini menggunakan software Smart PLS versi 2.0, dengan teknik sampling non probablity sampling yang menggunakan 209 responden. Responden adalah mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Karakteristik responden adalah individu yang pernah menggunakan pembelian secara online minimal lebih dari sekali, pengguna internet dan mahasiswa aktif jurusan akuntansi di FEB-UB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh positif terhadap sikap, kepercayaan pada toko online berpengaruh positif terhadap sikap, pengaruh teman sebaya berpengaruh positif terhadap sikap, sikap berpengaruh positif terhadap minat, minat berpengaruh positif terhadap kepada tindakan penggunaan pembelian secara online. Persepsi kemudahaan penggunaan berpengaruh negatif terhadap sikap. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu online marketer untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan pengguna pembelian secara online sehingga mampu membuat sistem akuntansi yang tepat untuk usaha mereka, khususnya untuk siklus penjualan
Kata Kunci : Pembelian secara online, Persepsi kemudahaan penggunaan, Persepsi kegunaan, Kepercayaan pada toko online, Pengaruh teman sebaya, sikap, minat dan tindakanmenggunakan pembelian secara online
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.