PENGARUH PERBEDAAN GENDER, DERAJAT KETAATAN ATAS KODE ETIK, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP MATERIALITY JUDGMENT (Studi pada Kantor Akuntan Publik di Kota Malang)

Novita Rizky Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari perbedaan gender, derajat ketaatan atas kode etik, dan kompleksitas tugas terhadap pertimbangan tingkat materialitas (materiality judgment). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yaitu untuk menguji suatu teori atau deskripsi statistika mengenai hubungan antar variabel.

Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah auditor yang bekerja lebih dari dua tahun di Kantor Akuntan Publik di Kota Malang yang terdaftar pada direktori IAPI 2011. Data dikumpulkan dengan menyebar tujuh puluh empat kuesioner, namun hanya lima puluh delapan kuesioner yang dapat digunakan.

Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gender, derajat ketaatan, dan kompleksitas tugas berpengaruh secara signifikan terhadap materiality judgment. Dimana ditemukan bahwa gender, derajat ketaatan, dan kompleksitas tugas baik secara simultan ataupun parsial mempengaruhi materiality judgment sebesar 86,1%, dan sisanya sebesar 13,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: materiality judgment, perbedaan gender, derajat ketaatan, kompleksitas tugas, kantor akuntan publik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.