ANALISIS PENGELOLAAN KINERJA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK BERBASIS BALANCED SCORECARD (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Malang)

Afian Fuadi, Mintarti Rahayu

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengelolaan kinerja berbasis Balanced Scorecard  pada organisasi sektor publik, studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Malang. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif melalui studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder dari hasil dokumentasi.  Pada penelitian ini menunjukkan bagaimana proses pengelolaan kinerja berbasis  Balanced Scorecard  pada KPP Madya Malang pada tahun pertama implementasi dari awal (Penentuan Peta Strategis) hingga akhir Penghitungan Nilai Kerja Organisasi (NKO). Pada hasil akhir diketahi pencapaian kinerja pada KPP Madya Malang dengan metode Balanced Scorecard pada tahun 2012 dari triwulan I hingga triwulan IV menunjukkan nilai sebesar 95,64% dari target sebesar 100%. Pada KPP Madya Malang dapat diketahui bahwa proses Balanced Scorecard  telah dilaksanakan secara utuh dan komprehensif sesuai dengan panduan Kementrian Keuangan. Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya sosialisai dan edukasi pada para pegawai KPP Madya Malang.

Kata Kunci : Pengelolaan Kinerja, Balanced Scorecard, Kantor Pelayanan Pajak

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.