Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahaan, Persepsi Kenyamanan, Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Menggunakan Electronic Commerce (E-commerce)

Arabella Yolanda, Grace Widijoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan sistem  e-commerce. Penelitian ini merupakan replikasi dan pengembangan dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode survey. Peneliti memperoleh responden sebanyak 193 orang mahasiswa Jurusan Akuntansi yang pernah menggunakan sistem e-commerce. Analisis dilakukan dengan menggunakan software Smart PLS versi 2.0. Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan persepsi kenyamanan berpengaruh terhadap minat menggunakan e-commerce. Sebaliknya, persepsi kemudahaan dan norma subjektif tidak memiliki pengaruh terhadap minat menggunakan  e-commerce. Hal ini berarti bahwa minat untuk menggunakan sistem e-commerce dipengaruhi oleh persepsi manfaat dan persepsi kenyamanan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat membantu sektor bisnis online untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan sistem e-commerce dalam menerapkan dan mengembangkan sistem e-commerce.

Kata Kunci :   Persepsi Manfaat, Persepsi Kenyamanan, Persepsi Kemudahaan,  Norma Subjektif, Minat Menggunakan E-commerce

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.