ANALISIS PERSEPSI YANG MEMPENGARUHI PEMBENTUKAN KLASTER UMKM MEBEL (STUDI PADA UMKM MEBEL KECAMATAN GADINGREJO KOTA PASURUAN)

Ade Himawan Ramdhan, Iswan Noor

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif  menggunakan data primer. Metode penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan kuesioner  yaitu mewawancarai narasumber dari pihak pelaku UMKM Mebel Kecamatan Gadingrejo . Hasilnya, persepsi pelaku UMKM selama ini  terhadap kinerja berdasarkan pembentukan klaster UMKM Mebel ditunjukkan dengan Skala penilaian persepsi faktor pembentuk klaster UMKM selama ini yang dilakukan oleh para pelaku usaha mebel menunjukkan sikap yang ragu-ragu terhadap faktor permintaan, ,faktor  industri terkait dan pendukung, serta faktor strategi struktur dan persaingan usaha. Hal ini mengindikasikan bahwa kontribusi dari adanya sebuah klaster yang sudah ada untuk sektor riil masih kurang optimal, sehingga perkembangan usaha formal yang ada dan produktifitas nilai output dari UMKM Mebel selama ini pun tidak mengalami peningkatan secara maksimal yang masih kalah dibanding dengan Usaha Besar Formal.

Keywords: Metode Observasi dan Kuesioner, Persepsi Pelaku UMKM, Pembentukan Klaster, Produktivitas Nilai Output

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.