Peran Jejaring Sosial Sebagai Media Peningkat Minat Berwirausaha Mahasiswa Untuk Berbisnis Online (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya)

Erlinda Nordiana

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada perkembangannya teknologi komunikasi yang semakin mempermudah komunikasi pada kehidupan manusia. Ditambah lagi dengan hadirnya media sosial khususnya twitter yang merupakan media populer di dunia termasuk Indonesia. Banyaknya pengguna twitter di Indonesia mulai memanfaatkan twitter sebagai media untuk berjualan maupun berpromosi. Penelitian ini ingin mengetahui peran media sosial dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa dan mengetahui fenomena wirausaha online mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teori penawaran dan permintaan dalam ekonomi, teori e-commerce dan teori kewirausahaan. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yaitu sebuah metode untuk menguji teori-teori tertentu yang saling menguji hubungan antar variabel terkait yaitu variabel x (peran jejaring sosial twitter) dan variabel y (minat berwirausaha mahasiswa). Sehingga variabel tersebut akan diukur dengan instrument penelitian sehingga data yang telah ada dan berupa angka-angka akan dihitung dan dianalisis berdasarkan prosedur statitik yaitu dengan aplikasi penghitungan SPSS.Sumber data yang diperoleh dari penyebaran kuosioner kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya yang telah lulus mata kuliah KWU dan memilih twitter untuk mempromosikan bisnis online dan sampelnya adalah 30 mahasiswa terkait. Hasil pengujian diperoleh kesimpulan bahwa variabel X (peran jejaring sosial) berpengaruh signifikan terhadap variabel Y (minat berwirausaha).

Kata Kunci: Peran twitter, Minat berwirausaha, Bisnis online


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.