Analisis Pengaruh Pinjaman Bergulir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Terhadap Pendapatan Masyarakat Miskin (Studi Kasus Kec. Pakisaji Kab. Malang)

Rani Alfitri, Ghozali Maskie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh pinjaman bergulir Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan terhadap pendapatan masyarakat miskin di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang, (2) mengetahui variabel jumlah modal pinjaman, pendidikan dan usia mempengaruhi pendapatan masyarakat miskin  setelah menerima pinjaman bergulir PNPM Mandiri Perkotaan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diambil dengan menggunakan data primer yang diperoleh langsung dengan cara wawancara kepada responden dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji paire sample t-test menunjukkan adanya perbedaan pendapatan antara sebelum dan sesudah mendapatkan bantuan modal pinjaman bergulir PNPM Mandiri Perkotaan Kecamatan Pakisaji. Selain itu variabel penelitian modal pinjaman, pendidikan, dan usia secara simultan berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat miskin. Secara parsial variabel modal pinjaman dan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan masyarakat miskin, sedangkan variabel usia tidak berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat miskin di Kecamatan Pakisaji Kab. Malang.   

Kata kunci : PNPM Mandiri Perkotaan, Pemberdayaan Masyarakat, Kemiskinan di Kecamatan Pakisaji.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.