GAYA HIDUP, KELAS SOSIAL DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPATU IMPOR PADA KALANGAN MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Dan Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep gaya hidup dan kelas sosial sebagai pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian produk sepatu impor pada kalangan mahasiswa dan mahasiswi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai hubungan paling kuat dalam keputusan pembelian produk sepatu impor. Sampel penelitian adalah sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode probability sampling yang digunakan adalah Disproporsional Stratified Random Sampling dimana pengambilan sampel dilakukan untuk memperoleh sampel orang yang memenuhi kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan terhadap data yang ada, diketahui bahwa variabel aktivitas, minat, dan pendapatan memiliki hubungan dan sebagai pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian produk sepatu impor pada kalangan mahasiswa. Hasil dari penelitian juga menunjukkan bahwa variabel minat merupakan variabel yang memiliki hubungan paling paling kuat dan sebagai pertimbangan utama konsumen dalam keputusan pembelian produk sepatu impor pada kalangan mahasiswa dan mahasiswi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang
Kata Kunci: Gaya Hidup, Kelas Sosial, Aktivitas, Minat, Opini, Demografi, Pendapatan, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.