Rencana Strategis Pengembangan Hotel Helios Malang Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy

Rahmadani Wulandari, SE

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian di bidang manajemen strategi yang
membahas tentang strategi perusahaan untuk menghadapi persaingan dan
mencapai keunggulan kompetitif. Obyek penelitian yang dipilih adalah Hotel
Helios. Hotel Helios merupakan perusahaan yang bergerak di bidang akomodasi perhotelan. Persaingan usaha jasa akomodasi di Kota Malang yang semakin ketat saat ini menyebabkan perlunya dilakukan analisis lingkungan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman yang dihadapi oleh Hotel Helios serta mengetahui penerapan rencana strategis yang didasarkan pada analisis kerangka kerja empat langkah dan konsep ruang pasar baru pada Hotel Helios. Analisis dilakukan melalui penilaian eksternal pada kekutan ekonomi, kekuatan sosial, budaya, dan demografis, kekuatan pemerintahan dan hukum, kekuatan teknologi. Selain itu dilakukan penilaian internal yang meliputi manajemen, pemasaran, keuangan, dan produksi/operasi. Faktor-faktor internal dan eksternal tersebut dianalisis melalui Matriks SWOT kemudian digambarkan dalam kanvas strategi.  Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui penggabungan metode pengumpulan data, yakni wawancara kepada pihak manajemen Hotel Helios dan  dokumentasi beberapa artikel.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana strategis pengembangan Hotel Helios dilakukan dengan langkah menghapus pemikiran meningkatkan kelas hotel akan meraih lebih banyak konsumen jasa. Kemudian mengurangi penyediaan peralatan dan  fasilitas hotel yang tidak membawa manfaat serta mengurangi turnover    karyawan. Upaya peningkatan Hotel Helios dalam peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak eksternal, peningkatan system informasi, dan pelayanan promo khusus bagi tamu. Hasil dari kerangka kerja ini bahwa Hotel Helios mampu menciptakan konsep hotel-travel  yang membentuk diferensiasi sekaligus berbiaya rendah sesuai hakekat pendekatan Blue Ocean Strategy.  


Kata Kunci : Rencana Strategis, Blue Ocean Strategy, Hotel Helios.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.