ANALISIS PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Noverina Myristika, Helmy Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku penerimaan mahasiswa terhadap pemanfaatan sistem informasi akademik berbasis web di Universitas Brawijaya. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah sebanyak 450 mahasiswa dari berbagai fakultas yang terdapat pada Universitas Brawijaya. Jenis data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperoleh dengan cara menyebar kuisioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan model TAM serta diuji melalui pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemudahan Penggunaan Persepsian berpengaruh positif terhadap Kegunaan Persepsian dan Sikap Terhadap Perilaku. Kegunaan Persepsian juga berpengaruh positif terhadap Sikap Terhadap Perilaku. Sikap Terhadap Perilaku berpengaruh positif terhadap Niat Perilaku. Niat Perilaku berpengaruh positif terhadap Penggunaan Nyata Sistem. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Kegunaan Persepsian tidak berpengaruh terhadap Niat Perilaku.

Kata Kunci: sistem informasi akademik, TAM, SEM, Kemudahan Penggunaan Persepsian, Kegunaan Persepsian,Sikap Terhadap Perilaku, Niat Perilaku, Penggunaan Nyata Sistem .


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.