engaruh Suku Bunga Bank Indonesia (BI Rate) Dan Produk Domestik Bruto (PDB) Terhadap Laju Inflasi Di Indonesia Periode Tahun 2000.1-2013.4.

Eko Wahyudi, Shof wan

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perilaku harga dan mengetahui pengaruh suku bunga (BI rate), produk domestik bruto (PDB) serta variabel jumlah uang beredar (JUB), kurs dan hutang luar negeri terhadap laju inflasi di indonesia pada periode 2000.1 sampai 2013.4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengunakan  error correction model (ECM). Uji statistik yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan software eviews 6.0. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada data  time series  dengan data triwulan selama 14 tahun dari tahun 2000 sampai 2013.

Dari hasil ECM menunjukan bahwa suku bunga (BI rate), produk domestic bruto (PDB), jumlah uang beredar (JUB), kurs dan hutang luar negeri mempunyai pengaruh terhadap laju inflasi di Indonesia pada periode 2000.1 sampai 2013.4. Hal tersebut dapat dibuktikan pada tingkat kepercayaan 95%, semua variabel bebas yakni pengaruh suku bunga (BI  rate), produk domestik bruto (PDB) serta variabel jumlah uang beredar (JUB), kurs dan hutang luar negeri secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap laju inflasi di Indonesia sebesar  0.590347 atau sebesar 59,03% dan sisanya dipengaruhi variabel lain di luar model.

Kata Kunci : Inflasi,  Harga, BI rate, PDB, JUB, Kurs, Hutang Luar Negeri.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.