Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Keberhasilan Diri Atas Penggunaan Komputer Terhadap Minat Pemanfaatan Aplikasi SIMDA Keuangan (Studi Kasus pada Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto)

Galuh Ratih Larasati, Bambang Purnomosidhi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi minat pemanfaatan aplikasi SIMDA Keuangan oleh pegawai di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan model kombinasi TAM dan Teori Kognitif Sosial yang dikembangkan oleh Li et al (2011). Penelitian ini berhasil membuktikan secara empiris bahwa minat pemanfaatan aplikasi SIMDA dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan yang merupakan bagian dari model TAM serta dipengaruhi oleh keberhasilan diri atas penggunaan komputer yang merupakan bagian dari Teori Kognitif Sosial. Persepsi kegunaan memiliki pengaruh paling dominan terhadap minat pemanfaatan aplikasi SIMDA Keuangan karena pegawai merasa lebih cepat dan efektif dalam menyelesaikan pekerjaannya menggunakan aplikasi tersebut. Implikasi penelitian ini adalah mendukung Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2005 yang mewajibkan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan sistem informasikeuangan daerah yang baik di setiap daerah guna mendukung pengelolaan dan pelaporankeuangan yang baik sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 pasal 2 ayat (1).

Kata kunci: Technology Acceptance Model (TAM), teori kognitif sosial, persepsi kegunaan,persepsi kemudahan, keberhasilan atas penggunaan komputer, minat, SIMDA.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.