Analisis Pengaruh Dimensi Kepercayaan Terhadap Partisipasi Individu Pengguna E-Commerce (Studi pada individu pengguna internet pada forum online Kaskus)

Authors

  • Iqbal Rasoki,SE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dimensi kepercayaan
terhadap partisipasi individu penggun  e-commerce. Pengumpulan data dilakukan
melalui penyebaran kuesioner kepada pengguna internet khususnya individu yang
terdaftar pada forum  online  Kaskus. Sampel yang digunakan sebanyak 100
responden. Teknik yang dipakai untuk menguji data penelitian adalah model
struktural dengan software smart PLS. Konstruk yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), integritas (integrity),
komunikasi (communication), kepercayaan (trust), dan partisipasi (participation).
Hasil analisis untuk model ini menunjukkan bahwa  secara simultan, konstruk
kebaikan hati (benevolence) dan integritas (integrity) berpengaruh terhadap
partisipasi (participation) melalui kepercayaan (trust). Sedangkan secara parsial
menunjukkan bahwa konstruk kemampuan (ability) dan kepercayaan (trust) yang
berpengaruh terhadap partisipasi (participation). Implikasi dari penelitian ini
relevan bagi sektor bisnis  online  untuk memperhatikan dimensi pembentuk
kepercayaan dalam memengaruhi partisipasi individu pengguna e-commerce.


Kata kunci: kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), integritas
(integrity), komunikasi (communication), kepercayaan (trust),
dan partisipasi (participation).

Issue

Section

Articles