“APLIKASI STRATEGI DIVERSIFIKASI PRODUK SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING”

Gibson Randy Prathama, M. Syafiie Idrus

Abstract


Seiring dengan perkembangan UKM oleh – oleh di Malang terutama pada usaha makanan, persaingan yang dihadapi oleh Pai Apel Malang semakin ketat. Untuk mengatasi persaingan, maka diperlukan adanya suatu strategi untuk mencapai keunggulan bersaing yaitu melalui strategi diversifikasi produk. Strategi diversifikasi produk ini telah dilaksanakan oleh Pai Apel Malang untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya selama ini antara lain melalui berbagai diversifikasi produk dan pengendalian kualitas dalam upaya agar dapat terus bersaing dan membuka peluang untuk memperluas usahanya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan jenis, proses perencanaan, dan implementasi strategi diversifikasi di Pai Apel Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.

Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diversifikasi produk di Pai Apel Malang termasuk strategi diversifikasi konsentrik, strategi diversifikasi konglomerat, strategi diversifikasi horizontal. Strategi tersebut telah direncanakan dan diimplementasikan dengan baik sesuai teori yang ada.

Kata kunci: diversifikasi produk, keunggulan bersaing, Pai Apel Malang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.