ANALISIS PERUBAHAN SISTEM KEUANGAN DAN KINERJA RUMAH SAKIT SEBELUM DAN SESUDAH BERSTATUS BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar Malang)

Mahendra Dyo Sandiwara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan Sistem Keuangan Rumah Sakit Saiful Anwar sebelum dan sesudah menjadi BLUD serta menganalisa pengaruh perubahan status tersebut terhadap kinerja. Proses Perubahan status organisasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari oleh setiap organisasi. Organisasi akan selalu mengalami dinamika perubahan, baik yang disebabkan dari dalam maupun dari luar organisasi. Penelitian ini dilakukan sebab perubahan status ini ditujukan untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintah, sehingga penelitian ini untuk mengetahui apakah benar terdapat perubahan kinerja setelah terjadi perubahan status menjadi BLUD. Sebagai BLUD, Rumah Sakit Saiful Anwar diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik. Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dengan  metode  studi kasus.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kinerja Rumah Sakit Saiful Anwar sesudah berubah status menjadi BLUD, yaitu meningkatnya kualitas pelayanan dan selain itu meningkatnya pendapatan. Bila melihat dari sistem keuangan, rumah sakit dikatakan mengalami perubahan yang terstruktur lebih baik daripada status sebelum BLUD. Selain itu, setelah menjadi BLUD dalam hal Fleksibilitas keuangan dapat diterapkan secara penuh oleh rumah sakit sebagai keistimewaan dalam instansi pemerintah dalam rangka menjadi rumah sakit yang mandiri dan mampu mengelola seluruh aspek keuangan terutama pendapatan rumah sakit.

 

Kata kunci : Sistem keuangan, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Perubahan Organisasi, Kinerja.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.