PENGARUH TINDAKAN SUPERVISI PENGAWAS INTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH KOTA BATU

Adhya Razam

Abstract


Pada suatu lembaga, baik organisasi, institusi maupun instansi sumber daya manusia merupakan kunci  yang sangat penting dalam menentukan tercapainya tujuan dan keberhasilan.  Bagi lembaga pemerintahan khususnya dalam hal ini lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu  pencapaian sebuah rencana kerja perlu dilakukan,  dan hal ini tentunya tidak terlepas oleh  peranan sumber daya manusia di dalamnya untuk dapat memberikan kontribusi positif yang diwudkan dalam suatu pengabdian dan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Bagi lembaga pemerintahan untuk dapat mengelolah sumber daya  manusia yang baik,  salah  satunya dibutuhkan  tindakan supervisi terutama  yang dilakukan oleh pengawas internal itu sendiri yaitu Badan Inspektorat Kabupaten/Kota hal ini terdapat dalam  peraturan menteri dalam negeri nomer  64 tahun 2007 pasal 1 dan pasal 3  yang menjelaskan bahwa,  Inspektorat Kabupaten/Kota adalah aparat pengawas fungsional yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati/Walikota  yang  mempunyai tugas melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan  urusan pemerintahan di daerah Kabupaten/Kota.Dalam hal ini tindakan  supervisi adalah kegiatan mengamati, mengidentifikasi mana hal – hal yang sudah benar, mana yang belum benar dan mana pula yang tidak benar, dengan maksud agar tepat, dengan tujuan memberikan pembinaan.
Pada penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 50 pegawai Sekretariat KPU Kota Batu. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan program computer IBM SPSS 20.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan supervisi pengawas internal yang terdiri dari variabel teknik supervisi, prinsip supervisi, kegiatan rutin supervisor, dan model supervisi  berpengaruh terhadap kinerja pegawai Sekretariat KPU Kota Batu baik secara simultan dan parsial. Selain itu berdasarkan hasil uji hipotesis dominan diketahui bahwa variabel prinsi supervisi  berpengaruh paling dominan terhadap kinerja pegawai Sekretariat KPU Kota Batu.

Kata kunci : supervisi, kinerja pegawai


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.