PENGARUH IKLAN, PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK dan KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID SONY XPERIA studi pada mahasiswa konsumen pengguna ponsel android merek sony xperia di Kota Malang

Dimas Aditya Pradana, Radityo Putro Handrito

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui pengaruh iklan, persepsi harga, itra merek dankepercayaan merek secara simultan, parsial, dan dominan terhadap keputusanpembelian produk Android Smartphone Sony Xperia di Kota Malang. Penelitianini difokuskan pada mahasiswa di Kota Malang yang menggunakan produkAndroid Smartphone Sony Xperia. Sampel penelitian ini di ambil dengan teknikPurposive Sampling sebanyak 180 konsumen yang pernah membeli atau sedangmembeli Produk Smartphone Sony Xperia. Penelitian ini menggunakan metodesurvey yang berupa penelitian eksplanasi. Adapun teknik pengumpulan datamenggunakan observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi. Kemudiansetelah data terkumpul, dilakukan sortir data yang dilanjutkan denganmenganalisis menggunakan skala Likert, kemudian melakukan pengujian validitasdan reliabilitas, dan untuk meng-crosstabs statistik menggunakan alat berupasoftware SPSS 8.0.
Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan di atas
diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda denganmenggunakan uji F (simultan) maka dapat disimpulkan secara simultanmempengaruhi keputusan pembelian, kemudian hasil analisis uji t dapatdisimpulkan bahwa secara parsial mempengaruhi keputusan pembelian, danberdasarkan hasil koefisien regresi (Standardized Coeffucients Beta) masing-masing, maka dapat diketahui variabel mutu mempunyai pengaruh dominanterhadap keputusan pembelian produk Android Smartphone Sony Xperia. Dengandemikian, pengaruh iklan, persepsi harga, citra merek, dan kepercayaan mereksecara simultan, parsial, dan dominan mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata kunci : Pengaruh Iklan, Persepsi Harga, Citra Merek, dan Kepercayaan
Merek, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.