PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SAIFUL ANWAR MALANG BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KOPERASI No. 14/Per/M.KUKM/XII/2009 (Tahun 2010-2012)

Deny Setiawan, Andar wati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahuiseberapa besar
tingkat kesehatan KPRI-RSSAmelalui kinerja keuangannyajika dinilai
berdasarkan peraturan menteri koperasi No 14/per/K.KUKM/XII/2009. Dimana penelitian ini didasarkanpada perhitungan aspek permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, kemadirian dan pertumbuhan serta aspekjatidiri koperasimenggunakan laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba/rugi periode tahun 2010 s.d. 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesehatan koperasi melalui kinerja keuangannyaterus mengalami perubahandari tahun 2010 sampai tahun 2012.

Hasil penilain tingkat kesehatan KPRI RSSA selama periode penelitian
menunjukkan hasil terbaik pada tahun 2011 dengan skor 68,70 dengan kategori “CUKUP SEHAT”. Walaupun masih jauh berada di dalamkeadaan sehat namun koperasi memiliki potensi untuk mewujudkannya dengan terus meningkatkan kinerja dan memperbaiki semua kekurangannya. Namun satu hal yang pasti adalah bahwa dari semua aspek yang telah dinilai koperasi sudah melakukan yang terbaik untukmewujudkannya.

Kata Kunci:  Permodalan, Kualitas Aktiva Produktif, Manajemen, Efisiensi,
Likuiditas, Kemadirian dan Pertumbuhan, Jatidiri Koperasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.