ANALISIS PENGARUH UPAH, MODAL, DAN NILAI PRODUKSI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA UMKM INDUSTRI MEBEL (Studi Kasus Sentra Industri Mebel Jl. Piranha Kelurahan Tunjungsekar Kota Malang)

Arief Rachman Yuditya

Abstract


Banyaknya jumlah angkatan kerja ini tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia, sehingga hal ini dapat menagkibatkan terciptanya pengangguran, dimana jumlah penawaran kerja lebih banyak daripada permintaan tenaga kerja. Salah satu sektor yang dapat menyerap tenaga kerja guna mengurangi pengangguran adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perekonomian  suatu negara. Peranan penting tersebut salah satunya adalah memperluas kesempatan kerja. Memperluas kesempatan kerja merupakan usaha untuk mengatasi masalah pengangguran. Kota Malang memiliki UMKM yang cukup banyak salah satunya UMKM industri mebel. Di Kota Malang, UMKM industri mebel terpusat pada Jl. Piranha Kelurahan Tunjungsekar dan Kelurahan Polowijen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh upah, modal, dan nilai produksi terhadap penyerapan tenaga kerja pada UMKM Sentra Industri Mebel Jl. Piranha  Kelurahan Tunjungsekar dan Kelurahan Polowijen Kota Malang. Penelitian ini menggunakan data primer melalui wawancara secara langsung kepada responden dengan daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Ada 40 responden pengusaha mebel di Kota Malang yang menjadi objek penelitian. Untuk mencapai tujuan, dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan pendekatan Ordinary Least Square (OLS).
Berdasarkan hasil perhitungan Eviews versi 6.0 yang menunjukan bahwa variable (upah (X1), modal (X2), dan nilai produksi (X3)) baik secara parsial maupun secara bersama-sama terhadap variabel terikat (penyerapan tenaga kerja (Y)). Hal ini dapat ditentukan dengan hasil uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan uji F (simultan) untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama. Besar pengaruh variabel (upah (X1), modal (X2), dan nilai produksi (X3)) terhadap variable terikat (penyerapan tenaga kerja (Y)) sebesar 89,1% sedangkan sisanya 10,9% diterangkan oleh faktor yang lain.

Kata Kunci : UMKM, Penyerapan Tenaga Kerja, Upah, Nilai Produksi, Modal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.