"Analysis of Implementation Strategies PT. Telkom (Case Studies through the Speedy Products in Witel Pasuruan)"

Sandy Sugama

Abstract


Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang diterapkan pada PT. Telkom. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan opini (individu, kelompok, atau organisasional), kejadian, atau prosedur.

Analisis lingkungan internal dan eksternal dilakukan untuk mengetahui kondisi PT. Telkom. Hasil analisis ini nantinya dipergunakan untuk melakukan analisis SWOT. Selain itu alat analisis yang dipergunakan analisis matriks internal-eksternal, analisis ini untuk menyatukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan untuk mengetahui posisi strategis PT. Telkom. Kemudian dilanjutkan analisis SWOT. Dengan  analisis SWOT dapat diketahui inovasi yang diperlukan PT. Telkom.

Hasil strategi inovasi PT. Telkom yang diperlukan pada pengembangan strategi untuk inovasi pada layanan data internet fixed wireline. Inovasi nilai bisa diciptakan dengan proses kerangka kerja empat langkah (hapuskan, tingkatkan, kurangi, ciptakan).

PT. Telkom menghapuskan kelemahan-kelemahan pada layanan internet fixed wireline-nya yang lama, kemudian meningkatkan kemampuan kecepatan akses internet, dan mengurangi harga jual yang dilepas ke pasaran. Telkom juga menciptakan sistem kontrol pemakaian dari layanan internetnya.

Berdasarkan hasil dari kerangka kerja empat langkah ini Telkom menciptakan produk layanan internet baru yang diberi nama Speedy. Dalam proses penciptaan Speedy dan pengembangannya, Telkom menerapkan enam prinsip Blue Ocean Strategy untuk dapat memasuki ranah Blue Ocean.

Enam prinsip Blue Ocean Strategy adalah: 1. Merekonstruksi batasan-batasan pasar; 2. Fokus pada gambaran besar, bukan angka; 3. Menjangkau permintaan yang ada; 4. Menjalankan rangkaian strategis secara tepat; 5. Mengatasi hambatan-hambatan utama dalam organisasi; 6. Mengintegrasikan eksekusi ke dalam strategi.

Kata Kunci : Manajemen Strategi, Blue Ocean Strategy, Analisis Lingkungan,  Analisis SWOT, PT. Telkom.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.