Penerapan Strategi Pengembangan Produk Berbasis Buahnaga Pada UD. Naga Jaya Makmur

Muhammad Zainur Ridho, Rofi aty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah yang melatar belakangi munculnya pengembangan produk  pada perusahaan budidaya buahnaga UD. Naga Jaya Makmur sehingga pengembangan produk tersebut dapat menjadi keunggulan bersaing di dalam menghadapi persaingan bisnis budidaya buahnaga. Metode penelitian ini adalah  case study  yaitu dengan mengambil beberapa elemen di perusahaan Naga Jaya Makmur  melalui dokumentasi, komunikasi wawancara mendalam atau  in-dept interview, serta tinjauan pustaka yang kemudian masing-masing elemen di selidiki lebih mendalam, detail, intensif, dan menyeluruh sesuai dengan tujuan penelitian yaitu mengetahui mengapa, seperti apa, dan bagaimana pengembangan produk dilakukan. Alat analisis dalam Penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengetahui mengapa, seperti apa, dan bagaimana pengembangan produk di lakukan. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa pengembangan  produk yang di lakukan oleh perusahaan UD. Naga Jaya makmur  menjadi kekuatan utama dalam menghadapi persaingan yang ada saat ini, dimana pengembangan produk di perusahaan memiliki daya tarik yaitu memiliki ciri khas berbeda  yang terdapat didalam produknya. Hal ini juga menjadi acuan untuk perusahaan agar konsisten dalam melakukan pengembangan produk. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengembangan  produk budidaya buah naga perusahaan UD.Naga Jaya Makmur  akan mendorong tercapainya keunggulan bersaing di dalam persaingan yang ada saat ini.

Kata Kunci : Inovasi Produk, Pengembangan Produk, Keunggulan Bersaing,UD. Naga Jaya Makmur


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.