PENGARUH MATERIALISME, PRESTISE, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA KAFE MEWAH DI KOTA MALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh materialisme, prestise, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian konsumen pada kafe mewah di Kota Malang. Sampel penelitian adalah sebanyak 180 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas juga dilakukan sebagai persyaratan uji regresi. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan hasil uji t pada analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materialisme, prestise, dan kelompok referensi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada kafe mewah di Kota Malang.
Kata kunci: materialisme, prestise, kelompok referensi, keputusan pembelian, kafe mewah.
Kata kunci: materialisme, prestise, kelompok referensi, keputusan pembelian, kafe mewah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.