Pengaruh Brand Associations dan Perceived Quality Terhadap Brand Loyalty Pada Pengguna Handphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang)

Muhammad Aulia Luthvy, Nanang Suryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh  brand  associations  dan perceived quality terhadap brand loyalty pada pengguna handphone Samsung dalam ruang lingkup mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang, baik secara simultan maupun parsial untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan. Peneliti mengambil sampel dengan menggunakan rumus untuk populasi yang tidak terbatas, sehingga sampel ditentukan sebanyak 100 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan  uji hipotesis dengan model uji F, uji T, dan koefisien determinasi (R2). Agar memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu melakukan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji asumsi normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian secara parsial dan simultan memberikan kesimpulan bahwa semua variabel yang terdiri dari  brand associations  (X1) dan perceived quality (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap brand loyalty (Y) pada mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan handphone Samsung.  Dari hasil uji determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,504. Artinya 50,4% variabel  brand loyalty  (Y) akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu  brand  associations  (X1) dan  perceived quality  (X2). Sedangkan sisanya 49,6% variabel brand loyalty akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Brand Associations, Perceived Quality, dan Brand Loyalty


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.