ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KARAKTERISTIK HUBUNGAN PELANGGAN-MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN LOYALITAS MEREK PADA HANDPHONE LG

Authors

  • Tiara Khoerunisa
  • Sri Palupi Prabandari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara karakteristik merek, karakteristik perusahaan, karakteristik hubungan pelanggan-merek yang berpengaruh terhadap kepercayaan merek baik secara parsial maupun simultan, dan selanjutnya melihat apakah ada pengaruh kepercayaan merek pada loyalitas merek. Terakhir, melihat bagaimana pengaruh tidak langsung karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik hubungan pelanggan-merek berpengaruh terhadap loyalitas merek melalui variabel kepercayaan merek. Penelitian ini dilakukan pada pengguna  Handphone  LG di Malang dengan jumlah responden sebanyak 70 orang. Intrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik sampling berupa  purposive  sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (analysis path). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, variabel karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik hubungan pelanggan-merek berpengaruh secara simultan terhadap kepercayaan merek. Sedangkan, pada pengaruh secara parsial, hanya variabel karakteristik perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek. Pada analisis yang kedua, penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh terhadap loyalitas merek.  

Kata Kunci  : karakteristik merek, karakteristik perusahaan, karakteristik   pelanggan-merek, kepercayaan merek, loyalitas merek

Downloads

Issue

Section

S1 MANAJEMEN