ANALISIS HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK MEREK, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KARAKTERISTIK HUBUNGAN PELANGGAN-MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, DAN LOYALITAS MEREK PADA HANDPHONE LG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara karakteristik merek, karakteristik perusahaan, karakteristik hubungan pelanggan-merek yang berpengaruh terhadap kepercayaan merek baik secara parsial maupun simultan, dan selanjutnya melihat apakah ada pengaruh kepercayaan merek pada loyalitas merek. Terakhir, melihat bagaimana pengaruh tidak langsung karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik hubungan pelanggan-merek berpengaruh terhadap loyalitas merek melalui variabel kepercayaan merek. Penelitian ini dilakukan pada pengguna Handphone LG di Malang dengan jumlah responden sebanyak 70 orang. Intrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan teknik sampling berupa purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (analysis path). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, variabel karakteristik merek, karakteristik perusahaan, dan karakteristik hubungan pelanggan-merek berpengaruh secara simultan terhadap kepercayaan merek. Sedangkan, pada pengaruh secara parsial, hanya variabel karakteristik perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepercayaan merek. Pada analisis yang kedua, penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan merek berpengaruh terhadap loyalitas merek. ÂKata Kunci : karakteristik merek, karakteristik perusahaan, karakteristik  pelanggan-merek, kepercayaan merek, loyalitas merek
Downloads
Issue
Section
S1 MANAJEMEN
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).