Perumusan Strategi PERUM DAMRI Unit Bus Kota Surabaya, Dalam Rangka Menjaga Kelangsungan Usaha dan Meningkatkan Keunggulan Kompetitif.

Moch Ihsan Hidayatullah

Abstract


Permintaan angkutan perkotaan di kota Surabaya dan kota-kota besar lainnya setiap tahun meningkat sejalan dengan perkembangan penduduk dan kegiatan perekonomian, namun usaha angkutan bus kota yang dilaksanakan oleh PERUM DAMRI Unit Bus Kota Surabaya mengalami kerugian signifikan yang mengancam kelangsungan usaha PERUM DAMRI Unit Bus Kota Surabaya.

Berdasarkan keadaan tersebut peneliti melakukan penelitian di PERUM DAMRI Unit Bus Kota Surabaya dengan menggunakan analisis matrik EFE, matrik IFE, matrik SWOT, matrik IE, dan matrik Grand Strategy. Selanjutnya setelah dipilih program yang relevan kemudian menggunakan kriteria investasi sebagai alat analisis untuk mengetahui program tersebut layak dijalankan atau tidak. Dari hasil analisis lingkungan eksternal dan internal dengan menggunakan matrik EFE dan IFE menunjukkan bahwa PERUM DAMRI Unit Bus Kota Surabaya masih cukup responsif. Selanjutnya dengan dari hasil matrik Grand Strategy posisi perusahaan ada pada posisi berbenah diri khususnya untuk mengatasi kelemahan perusahaan. Dari hasil analisis SWOT dapat dirumuskan strategi yang dihubungkan dengan peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan yang menghasilkan sekumpulan program yang mungkin dapat di implementasikan. Kemudian dilakukan evaluasi berdasarkan kriteria investasi terhadap program-program utama yaitu peremajaan armada, penambahan trayek, pensiun dini, dan perubahan insentif, yang hasilnya layak untuk dijalankan.

Dengan demikian maka dalam rangka menjamin kelangsungan usaha PERUM DAMRI Unit Bus Kota Surabaya dan meningkatkan keunggulan kompetitif, dirumuskan langkah-langkah strategis dari hasil penelitian ini adalah peremajaan armada, penambahan trayek untuk diversifikasi usaha, pensiun dini, dan perubahan sistem insentif.

Kata Kunci : Strategi Perusahaan, Analisis Lingkungan, SWOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.