Penentuan Segmentasi Guna Mendukung Strategi Pemasaran Untuk Transaksi Bisnis Di Internet Pada Wilayah Malang (Study Pada Usaha Warnet Yang Tersebar Di Kota Malang)

Isar Prayoga, Sri Palupi Prabandari

Abstract


Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk menentukan segmentasi pengguna internet di wilayah Malang berdasarkan karakteristik Demografi, Gaya Hidup, Perilaku dan Preferensinya serta mengetahui segmentasi pasar yang paling potensial sebagai target market pada pengguna internet di wilayah Malang.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan segmen pengguna internet yang ada di kota Malang Khususnya di tiga warnet yaitu Prima Nett, Dinoyo Nett, Colour Nett. Focus penelitian ini terdapat pada data yang diperoleh dari kuisioner yang diberikan langsung kepada responden pengguna atau pengunjung warnet serta pengumpulan data-data yang dilakukan dengan cara mencatat informasi yang diperoleh dari pengguna warnet dan melakukan wawancara langsung dengan pemilik atau penjaga ketiga warnet tersebut.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sebagian besar responden pengguna internet pada warnet tersebut adalah laki-laki yang mayoritasnya mereka adalah pelajar serta mahasiswa sehingga aktivitas yang mereka lakukan adalah mencari artikel-artikel yang bertemakan pendidikan serta artikel-artikel yang terbaru tentang informasi atau berita mengenai wawasan kehidupan namun ada juga sebagian responden yang melakukan transaksi bisnis pada media internet tersebut

Beberapa solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran yaitu dengan menyajikan situs-situs yang bertemakan anak muda dengan nuansa elegan serta background yang terang dan menyajikan artikel yang menyangkut tentang dunia laki-laki yang berpendidikan serta memberikan fasilitas yang menarik tentang media social yang kemudian fasilitas tersebut mudah dalam mengaksesnya.

Kata Kunci : Segmentasi Pasar Pengguna Internet berdasarkan karakteristik Demografi, Gaya hidup, Perilaku dan Preferensinya

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.