PENGARUH PRICE EARNING PER SHARE (PER), RETURN ON EQUITY (ROE) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK JAKARTA PERIODE 2008-2011

Kadek Arik Permana Putra, Mugi ono

Abstract


Harga saham sangat peka terhadap perubahan lingkungan bisnis dan ekonomi suatu Negara. Oleh karena itu, para investor yang akan berinvestasi dalam bentuk saham memerlukan informasi-informasi akurat sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan pilihan. Menurut Alwi   dalam Falani (2012),  faktor internal yang mempengaruhi pergerakan harga saham atau indeks harga saham salah satunya adalah pengumuman laporan keuangan perusahaan, seperti peramalan laba sebelum akhir tahun fiskal dan setelah akhir tahun fiskal, Price Earning Per Share (PER), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER).

Tujuan penelitian untuk mengetahui   pengaruh Price Earning Per Share (PER), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap harga saham dan untuk mengetahui pengaruh Price Earning Per Share (PER), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap harga saham.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengujian hipotesis karena mengajukan kesimpulan sementara yaitu menduga adanya pengaruh Price Earning Per Share (PER), Return On Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham yang masih perlu dilakukan pengujian untuk membuktikan kesimpulan tersebut. Populasi penelitian ini adalah  perusahaan manufaktur   yang listing di Bursa Efek Indonesia Yaitu Sebanyak 131 Perusahaan yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah 15 perusahaan. Metode pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan sampel secara tidak acak yang informasinya diperoleh dengan pertimbangan tertentu yang pada umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, dengan jenis data meliputi:   (1) Laporan Keuangan, dimana sudah diaudit oleh kantor akuntan publik pada tahun buku per 31 Desember 2008-2011.  (2) Data harga saham tahunan emiten pada neraca pada posisi closing price dengan tanggal terakhir bulan Desember 2008–2011. Teknik análisis  yang digunakan adalah análisis regresi linier berganda dengan uji signifikan F dan t.

Hasil penelitian menyimpulkn bahwa:  Hipotesis 1 diterima, Price Earning Per Share (PER) (X1), Return On Equity (ROE) (X2) dan Debt to Equity Ratio (DER)  (X3)  secara simlutan berpengaruh terhadap harga saham (Y) (F hitung > F tabel menghasilkan keputusan terhadap Ho ditolak). PER, ROE dan DER secara simultan dapat menjelaskan 43.6% variasi besarnya perubahan harga saham, sedangkan perubahan harga saham yang lain dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yaitu sebesar 56.4%. Dari hasil uji t disimpulkan bahwa: 1) PER memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. 2)  ROE  memiliki berpengaruh signifikan terhadap harga saham. 3) DER tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hipotesis 2 ditolak karena PER dan ROE yang memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan DER tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.