PENYUSUNAN STRATEGI PADA PERUSAHAAN KD2024 DENPASAR

Fera Pratiwi Husni Rukmana, Ainur Rofiq

Abstract


Perumusan strategi dilakukan melalui beberapa tahapan terdiri dari Matrik EFAS dan IFAS. Tahapan selanjutnya terdiri dari Matrik SWOT, kemudian Matrik QSPM dan Matrik Grand Strategy  yang nantinya akan  menghasilkan berbagai alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Hasil Matrik EFAS sebesar 2,55 menunjukkan bahwa perusahaan telah cukup baik dalam mengambil keuntungan dari peluang dan berhasil menghindari dampak dari ancaman yang ada. Adapun dari lingkungan internal, hasil Matrik IFAS sebesar 3,05 menunjukkan keadaan internal perusahaan yang cukup kuat. Matrik SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi, adapun alternatif strategi yang ditawarkan oleh hasil analisis Matrik Grand Strategy adalah Pengembangan Produk, Penetrasi Pasar, dan Pengembangan Pasar. Hasil Matrik QSPM menghasilkan pilihan terbaik pada strategi Pengembangan Pasar. Dengan strategi pengembangan pasar, perusahaan nantinya diharapkan dapat memperkenalkan produk-produk yang ada sekarang ke wilayah-wilayah yang potensial secara geografis. Perusahaan diharapkan dapat mengidentifikasi pengguna baru untuk produk yang dihasilkan perusahaan.

Kata Kunci: Strategi, Perumusan, Analisis SWOT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.