STUDI POTENSI EKONOMI SEKTOR PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TULUNGAGUNG

Arif Wahyu Isnaini

Abstract


Desentralisasi menyebabkan setiap pemerintah daerah berupaya keras meningkatkan perekonomian  daerahnya sendiri termasuk meningkatkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bagi suatu daerah yang terbatas potensi sumber daya alamnya akan menjadi tantangan tersendiri dalam upaya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh daerah. Salah satu upaya untuk meningkatkan penerimaan daerah yaitu dengan  mengoptimalkan potensi dalam sektor pariwisata.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekonomi dari sektor pariwisata yang terdiri dari jumlah obyek wisata, jumlah wisatawan, tingkat hunian hotel, dan pendapatan per kapita terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tulungagung. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data  sekunder yang diantaranya mengenai jumlah obyek wisata, jumlah wisatawan, tingkat hunian hotel, dan pendapatan per kapita serta Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tulungagung. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji statistik dan uji asumsi klasik.

Berdasarkan hasil penelitian dengan uji analisis yang dilakukan maka didapatkan bahwa variabel-variabel dari sektor pariwisata yaitu jumlah obyek wisata, jumlah wisatawan, dan tingkat hunian hotel memiliki pengaruh yang signifikan  terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tulungagung, sedangkan pendapatan per kapita tidak berpengaruh signifikan. Pengaruh yang dominan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tulungagung adalah variabel jumlah obyek wisata.

Kata Kunci: Potensi Ekonomi, Sektor Pariwisata, Pendapatan Asli Daerah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.