Analisis Efisiensi Bank Umum di Indonesia Tahun 2008-2011 dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA)

Reza Dwi Ariefanda, Putu Mahardika Adi Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi bank umum di Indonesia selama periode tahun 2008 hingga tahun 2011. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang masih berpotensi untuk ditingkatkan efisiensinya. Data penelitian ini didapatkan dari laporan keuangan bank yang dipublikasikan pada direktori perbankan Bank Indonesia (BI). Penelitian ini menggunakan 6 variabel terdiri dari 3 variabel input dan 3 variabel output. Variabel input terdiri dari biaya personalia, biaya bunga, dan biaya selain bunga sedangkan variabel output terdiri dari aktiva produktif, pendapatan bunga dan pendapatan selain bunga.

Penelitian ini menggunakan  pendekatan  data envelopment analysis  (DEA). Berdasarkan pendekatan DEA, bank dinyatakan telah beroperasi dengan efisien bila nilai efisiensi yang diperoleh bank tersebut 100%. Bank beroperasi kurang efisien bila  nilai efisiensi  yang didapat kurang dari 100%.  

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efisiensi bank umum di Indonesia bervariasi mulai dari yang telah beroperasi dengan efisien sampai dengan yang beroperasi kurang efisien. Bank yang efisien selama periode penelitian terdapat Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, dan Bank Central Asia. Sedangkan untuk variabelnya, tidak ada variabel baik input dan output dari bank yang diteliti yang semuanya efisien selama periode penelitian.

Kata kunci: Bank Umum, Efisiensi, Data Envelopment Analysis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.